Indosat M2 Terus Dihujani Kritik

Internet makin marak, tidak hanya Telkomsel Flash saja yang melaunching produk Flashnya, Indosat dengan Indosat Broadbandnya dan Indosat M2 dengan Broom nya dan yang terbaru adalah XL. Seiring perkembangan telekomunikasi di tanah air, Indosat M2 dinilai paling parah dan sering mendapat kritik bahkan samapi detik ini.

JAKARTA, SELASA — Keluhan masyarakat terhadap “ngadatnya” aplikasi internet milik penyedia layanan mobile broadband PT Indosat Mega Media (IM2) selama dua pekan ini masih terus ramai berdatangan.

Bahkan, tanggapan IM2 atas keluhan tersebut bukannya meredakan masalah, melainkan justru menambah hujan kritik terhadap mereka sendiri. Persoalan teknis yang membuat “ngadat” layanan mereka tersebut seolah malah menjadi beban pelanggan.

Hingga Senin (2/3) sore kemarin, jumlah komentar yang masuk ke kompas..com masih mengalir deras. Pagi ini (3/3), tercatat sudah ada 53 komentar yang masuk, mulai komentar pendek bernada iseng,kritik pedas, hingga komentar panjang bernada ejekan. Kritik tersebut kini bukan lagi ke soal pelayanan, tapi sudah merembet ke manajemen, bahkan direktur perusahaan tersebut.

Komentar Pipik, misalnya berbunyi: “Business is trust, jadi memang masih kurang ilmu kita, kalo memang tidak sanggup seharusnya Anda (IM2) jujur terhadap pelanggan, bukannya Anda mengeruk keuntungan, benahi manajemennya,”.

Lain halnya komentar Joja. “Direktur Utamanya saja berkomentar tidak profesional. Dia yang harus memperbaiki layanan IM2, bukannya pelanggan yang harus sacrifice. Overload seharusnya diketahui IM2, tidak malahan masih menjaring pelanggan yang siap dibodohi”.

indosat m2

Pekan lalu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sendiri sudah meminta pihak IM2 membuat klarifikasi (kompas..com, 26/2). BRTI meminta penyedia jasainternet mobile ini selekasnya mengklarifikasi lantaran layanannya yang akhir-akhir ini dikeluhkan oleh para pelanggannya. “Mengikuti perkembangan problem layanan di IM2, sesuai SOP (standard operating procedure), kami akan meminta mereka klarifikasi dalam waktu dekat,” kata Anggota BRTI, Heru Sutadi, melalui pesan singkat di Jakarta.

Sayangnya, klarifikasi IM2 termasuk tanggapan pihak mereka atas keluhan-keluhan pelanggan tersebut bukannya meredakan persoalan, melainkan justeru menambah hujankritik terhadap mereka sendiri. Seperti dilansir di kompas..com (Senin, 2/3), IM2 mengimbau pelanggannya agar menghindari pemakaian aplikasiinternet dengan bandwidth besar pada jam-jam sibuk. Pasalnya, IM2 menggunakan sistem internet sharing untuk layanannya. “Kami mengimbau agar pengguna IM2 tidak membuka layanan seperti video streaming pada jam-jam sibuk, karena ini demi kenyamanan bersama,” ujar Indar Atmanto, Direktur Utama IM2.

Sebelumnya (25/2), IM2 telah menyetop pertumbuhan pelanggan baru di beberapa kota yang sudah mengalami overload kapasitas pengguna, yaitu di Bandung, Depok, Yogyakarta, dan Bali. Kepada kompas..com, Sekretaris Perusahaan IM2 Andri Aslan mengakui masalah tersebut.

“Biasanya hal itu terjadi di perumahan padat akibat frekuensi kami yang kurang memadai. Untuk sementara, kami menghentikan dulu pendaftaran pelanggan baru hingga jaringan menjadi seimbang,” ujar Andri. Andri menambahkan, akibat kurang memadainya jaringan itu para pelanggan mereka di empat daerah tersebut kemungkinan tidak bisa menggunakan layanan data secara maksimal hingga dua bulan ke depan.

Sebaliknya, seperti bunyi pepatah anjing menggonggong kafilah berlalu, di tengah mencuatnya persoalan tersebut, IM2 masih terus bergerak menambah pelanggan di beberapa daerah, seperti di Jakarta.

Padahal, selama ini ketahuan, bahwa lonjakan jumlah pelanggan mereka tidak diimbangi dengan penambahan jumlah dan kapasitas jaringan. “Makanya, kami berencana menambah jumlah base tranceiver station (BTS) kami dari 1.500 BTS menjadi 2.500 BTS,” kata Andri.

2 Response to "Indosat M2 Terus Dihujani Kritik"

  1. and'z says:
    9 Februari 2010 21.23

    aneh ya pada sebel sama im2? hahaha.. aq untung pake buat main game OL dan browse and DL oke2 ja.. meskipun kadang2 masi suka lemot.. hehe.. salam kenal ya.. ^^

  2. Muhammad Indra Dwi Prakoso says:
    1 Desember 2010 03.21

    iyaa boss . . .
    salam kenal juga . . .

Posting Komentar