Fosil Binatang Purba Ditemukan di Bojonegoro

Fosil Purba (Foto: Nanang Kuswara/Koran SI)

BOJONEGORO - Sebuah benda yang diduga fosil binatang purba ditemukan warga Desa Brenggolo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur. Sebelumnya, di kecamatan setempat juga ditemukan fosil gajah purba.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menduga, wilayah Kalitidu menyimpan banyak fosil purba. Fosil purban yang ditemukan warga Desa Brenggolo, berawal dari penemuan Miftahul Huda. Awalnya Miftahul membeli tanah uruk dari Waduk Wotan Ngare di Desa Wotan Ngare, Kecamatan Kalitidu. Tanah uruk bercampur batu itu dinaikkan menggunakan alat berat sehingga tak menimbulkan curiga.

Saat tanah uruk itu akan ditanami kacang dengan cara membuat lobang tanah, kayu yang digunakan mengenai batu. "Saat akan menanam kacang tanah, kayu membentur batu yang cukup keras," terangnya.

Dia pun langsung berusaha menggali dengan beberapa temannya. Ia dikagetkan dengan adanya benda yang keras berbentuk bongkahan batu besar. Tapi batu itu berlobang mirip kepala binatang. Ia pun membawanya pulang dan dititipkan di rumah Suharto, tetangganya. Beratnya pun lumayan, yakni mencapai 1 kwintal.

Suharto sendiri, tak lain Kepala Sekolah (Kasek) SDN Katur II yang hingga kini masih aktif mengajar. Menurut dia, benda yang ditemukan Miftahul itu adalah fosil dan seperti kepala binatang purba. "Menurut informasi yang kami peroleh, binatang itu besar. Tidak seperti binatang sekarang,' terangnya.

Ia sendiri menduga jika benda itu kerbau purba. Benda yang diduga fosil itu, mempunyai dua cekungan yang menyerupai bekas kelopak mata. Selain itu juga ada potongan gigi yang telah banyak hilang. "Panjang totalnya sekitar 80 cm, dan lebarnya ada sekitar 65 cm," terangnya.

Setelah penemuan itu diketahui warga lainnya, benda itu berangsur-angsur banyak dilihat orang. Tapi, hingga kemarin belum ada petugas dari Disparbud yang datang untuk melihat penemuan fosil itu. Sehingga, belum dipastikan apakah benda itu fosil atau batu biasa yang menyerupai fosil.

Dikonfirmasi terpisah Saptatik Kabid Pelestarian dan Pengembangan Budaya Disparbud Bojonegoro mengatakan, pada Nopember lalu, saat ada warga yang menemukan kepala gajah purba pihaknya sudah ke sana. "Kami waktu itu juga bersama petugas BP3 Trowulan," terangnya.

Fosil yang dimaksud adalah fosil temuan Kepala Desa Wotanngare, Kalitidu, Kariyanto. Benda yang termasuk purbakala ini ditemukan di sebuah waduk yang baru digali. Fosil itu sendiri dipastikan gajah purba. "Kalau yang dulu itu sudah pasti gajah purba. Tapi yang sekarang ini, kami belum bisa memastikan," tegasnya.

Dia menjelaskan, sesuai keterangan BP3 wilayah Kecamatan Kalitidu, sangat erat hubungannya dengan pusat fosil Sangiran dan Trinil. Hanya saja, di Trinil dan Sangiran sangat mudah menemukan benda purba karena berada di dataran agak tinggi. "Kalau di Kalitidu, harus lebih dalam baru bisa mengetahui ada fosil atau tidak," terang Saptetik.
(Nanang Fahrudin/Koran SI/ful)

0 Response to "Fosil Binatang Purba Ditemukan di Bojonegoro"

Posting Komentar